TETAP WASPADA DIMANAPUN ANDA BERADA, BELAJARLAH UNTUK LEBIH PEKA DENGAN LINGKUNGAN ANDA, SEGERA LAPORKAN JIKA ADA HAL YANG MENCURIGAKAN KEPIHAK KEPOLISIAN TERDEKAT, KAMI SIAP MELAYANI ANDA

Jumat, 27 April 2012

Korlantas Nilai Pelaksanaan RSPA Di Polres Beltim



POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 27 April 2012, dalam rangka menindak lanjuti Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/766/IV/2012 tentang Lomba Road Safety Partnership Action (RSPA), Polres Beltim ikut mendukung pelaksanaan lomba tersebut. Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan terjalinnya hubungan yang harmonis antar stakeholder di masing masing wilayah. Para stake holder adalah Dinas terkait seperti Jasa Raharja, Dinas PU, Dishub, Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Beltim.

Dalam rangka mencegah dan mengurangi laka lantas maka akan dibuat suatu MOU antar Kepolisian (Sat Lantas) Polres Beltim dengan Dinas dan Instansi terkait. MOU ini merupakan tindak lanjut dari terbentuknya Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berdasarkan Keputusan Bupati Beltim Nomor : 118.45-295 tahun 2012 tanggal 03 April 2012.

Selain itu juga ditetapkan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) di wilayah Kab. Beltim khususnya di Kec.Manggar pada ruas jalan Jend.Sudirman Manggar mulai dari Simpang 4 penginapan Dsn. Numpang IV sampai Simpang Lampu merah pasar lipat Kajang Manggar sepanjang sekitar 2 km. Kawasan ini ditetapkan dengan Keputusan Bupati Beltim Nomor : 188.45-294 tahun 2012 tanggal 3 April 2012.

Kawasan Tertib lalu Lintas ini merupakan pilot projek percontohan lalu lintas yang baik dan benar dan apabila ada orang yang melanggar peraturan lalu lintas di kawasan tersebut maka tentunya denda dan sanksinya lebih berat.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Kapolres Pasang Pin Anti KKN Secara Simbolis


POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 26 April 2012, sekira pukul 07.15 Wib, bertempat di depan Mako Polres Beltim, Kapolres Beltim AKBP Edison, SH memasangkan PIN Anti KKN dan Anti Kekerasan secara simbolis. Pemasangan PIN Anti KKN dan Anti Kekerasan ini berdasarkan petunjuk dan perintah surat Telegram Kapolda Kep.Babel Drs. M. Rum Murkal kepada Jajaran Polda Kep.Babel Nomor : ST/302/III/2012, sesuai dengan dasar penyampaian salinan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/62/II/2012 yang berlaku mulai 1 Maret 2012 yang merupakan lanjutan dari program Polri untuk merubah Mind Set dan Culture Set setiap personil Polri yang tertuang dalam program Grand Strategi Polri Tahap II membangun kepercayaan dan Mitra masyarakat (Trust Building).

Tiga orang personil dari tiga fungsi yaitu Satuan Lalu Lintas, Satuan Sabhara, Satuan Reserse dan Kriminal (Briptu Andi M.Toni, Briptu Faisal dan Briptu Ferdly) menjadi perwakilan pemasangan PIN secara simbolis. PIN Anti KKN dan Anti Kekerasan dibagikan kepada seluruh personil tanpa terkecuali termasuk para pejabat Polres Beltim dan Jajaran. Dalam arahannya Kapolres Beltim mengatakan, kepada seluruh personil agar dapat mengaplikasikan secara benar dengan pemahaman arti dari yang tertuang di PIN tersebut, hindari segala bentuk yang menjurus ke arah KKN dan Kekerasan walaupun ada kendala dan hal-hal yang memancing hal tersebut bisa terjadi ketika dilapangan.

Personil dalam pelaksanaan tugas agar dapat terus belajar dan memahami tugas pokok yang sudah tertuang di UU Kepolisian nomor 02 Tahun 2002, sehingga kedepan akan semakin professional dan proporsional dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Jika hal tersebut dapat dijalankan oleh setiap personil tentu bisa dijamin KKN dan Kekerasan tidak akan terjadi di tubuh Polri. Kita adalah lembaga hukum, maka dari itu kita juga sudah seharusnya mampu dan benar-benar dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, sehingga pandangan dan penilaian masyarakat kepada Polri akan semakin baik dan benar (Ungkap Kapolres).
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Kamis, 26 April 2012

Beltim Giliran Wasrik Tahap I Polda Kep.Babel


POLRES BELITUNG TIMUR. Pengawasan dan pemeriksaan Tahap I yang dilaksanakan oleh Tim I Itwasda Polda Kep.Babel pada hari Senin sampai dengan Rabu 23/25 April 2012 di Polres Beltim menemukan 24 temuan yang harus segera diperbaiki segera oleh Kesataun Polres Beltim. Tim yang dipimpin oleh AKBP Joko Susilo selaku Ketua Tim dan didampingi oleh 5 Perwira Polda Kep.Babel dan 1 orang PNS staf Itwasda Polda Kep.Babel. Di hari pertama, Wasrik Tahap I di Polres Beltim  dilaksanakan sekira pukul 08.00 Wib dengan pembukaan Taklimat Awal dari Ketua Tim Wasrik yang disambut oleh Kabag Ops Polres Beltim Kompol Budi.P.Saragih, SIK mewakili Kapolres Beltim yang saat itu sedang melaksanakan tugas luar daerah.

Pada Taklimat Awal, Ketua Tim menyampaikan bahwa pengawasan dan pemeriksaan Polda Kep.Babel dan Jajaran Polres dimaksudkan untuk memberikan arahan dan bimbingan terhadap temuan yang nanti ditemukan sehingga pelaksanaan tugas Kesatuan dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat dapat terealisasi dengan baik dan benar, terutama dalam hal penggunaan anggaran Negara. Polri dalam pelaksanaan tugas pokoknya diberikan dukungan anggaran oleh Negara, maka dari itu sudah seyogyanya dalam penyerapan anggaran tersebut harus sesuai dengan aturan dan kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. 

Wasrik melakukan supervisi ke Polres Jajaran bukanlah untuk mencari celah kesalahan Jajaran, namun demi untuk pelaksanaan penyerapan anggaran yang professional, transparan dan proporsional. Ketika dilakukan pemeriksaan oleh BPK RI Polri sudah siap mempertanggung jawabkan anggaran yang sudah diserap karena sudah sesuai dengan aturan pertanggung jawaban keuangan yang berlaku (Tambah Ketua Tim).

Wasrik Tahap I bidang perencanaan dan pengorganisasian dilanjutkan pemeriksaan di setiap fungsi dan staf di Polres Beltim. Di hari kedua, Tim melanjutkan Wasrik Tahap I ke Polsek Jajaran Polres Beltim. Dalam dua hari pelaksanaan, Tim menemukan 24 temuan yang harus segera diperbaiki oleh Kesatuan Polres Beltim dan Jajaran. 14 hari Polres Beltim diberikan waktu untuk menjawab, memperbaiki dan mempertanggung jawabkan terhadap temuan yang ada dan jawaban tersebut harus dikirimkan ke Itwasda Polda Kep.Babel untuk diperiksa lebih lanjut.

Ketika memberikan kata sambutan Tim Wasrik, Kabag Ops Polres Beltim mengatakan, diharapkan Tim Wasrik untuk memberikan arahan dan bimbingan demi perbaikan kinerja Kesatuan Polres Beltim, ucapan terima kasih kepada Tim Itwasda akan temuan yang ada, hal tersebut menjadi tolak ukur dan cermin yang berarti bagi Polres Beltim, tanpa temuan dan kesalahan administrasi yang memerlukan perbaikan, Polres Beltim tidak akan pernah tahu sampai sejauh mana tertib administrasi pertanggung jawaban keuangan yang sudah benar dilaksanakan.

Di hari ketiga pelaksanaan Taklimat Akhir Itwasda Polda Kep.Babel, Kepala staf yang mengawaki dan memimpin di fungsi Itwasda Polda Kep.Babel Kombes Pol Syaherdam, SH mengatakan, sejauh ini Polres Beltim sudah cukup baik dalam pelaksanaan tugas Kepolisian, untuk tampilan Mako dan performen personil sudah rapi bahkan ketika dilaksanakan pemeriksaan ruang sel tahanan, Polres Beltim menjadi contoh bagi Polres Jajaran lainnya karena sudah sesuai dengan standar prosedur yang ada, bersih, rapi dan tahanan menggunakan pakaian khusus yang tentunya tidak membahayakan bagi tahanan untuk menghindari tahanan melakukan perbuatan yang tidak diinginkan seperti melakukan gantung diri. 

Polres Beltim juga mendapat acungan jempol dari Tim Wasrik Tahap I di bidang Sarpras Logistik. Setelah menyampaikan arahan Taklimat Akhir, Irwasda juga membacakan hasil temuan yang ada, memberikan solusi dan petunjuk agar Polres Beltim tidak salah melangkah dalam perbaikan temuan yang ada. Setelah pembacaan hasil temuan, Irwasda menandatangani laporan hasil temuan dan diserahkan kepada Kapolres Beltim AKBP Edison, SH agar segera diperbaiki kemudian Tim Itwasda Polda Kep.Babel dengan pengawalan ketat dari Sat Lantas Polres Beltim langsung bertolak ke Belitung Barat untuk menuju kembali ke Pangkalpinang.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Rabu, 25 April 2012

Perdalam Ilmu Inteligent Melalui TOT VCD


POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 24 April 2012, sekira pukul 09.00 Wib, bertempat di ruang Aula Polres Beltim, Satuan Inteligent Polres Beltim yang dipimpin oleh Iptu A.Henry Prihantoko, S.Sos selaku PJS.Kasat Intel Polres Beltim menggelar TOT VCD bidang Inteligent. Gelar TOT VCD ini dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran kepada personil Polri yang memang semua personil bisa dan wajib turut serta mengemban peran Inteligent sebagai tolak ukur, informasi dan deteksi dini untuk menjaga stabilitas situasi kondusif.

Peran Inteligent sangat diperlukan dan sangat berperan dalam menjaga keamanan Negara dan Inteligent adalah mata dan telinga pimpinan untuk mengambil tindakan dan kebijakan dalam menyikapi kondisi yang sedang terjadi. Pembelajaran TOT VCD bidang Inteligent diikuti oleh personil Polres Beltim dan Polsek Jajaran yang berjumlah 16 orang personil. Bukan hanya personil yang memang bertugas di Sat Intel yang mengikuti TOT VCD tersebut, namun dari staf pun diikut sertakan.

Inteligent adalah Satuan yang ada di Kesatuan Aparat Negara, bukan hanya Polri yang mengemban tugas Inteligent, namun dari Instansi Vertikal lainnya juga ada bagian yang mengemban fungsi Inteligent. Tugas pokok dari Inteligent itu sendiri adalah mengawali, mengikuti dan mengakhiri dari segala permasalahan yang ada, maka dari itu setiap anggota khususnya yang mengemban peran dan fungsi Inteligent di Kesatuan Polri harus benar-benar teliti, terus meningkatkan kemampuan SDM dan Iptek. Karena Inteligent itu sendiri dituntut untuk memberikan informasi yang benar-benar akurat kepada pimpinan dan satuan Polri. Deteksi dini yang akurat tentunya akan melahirkan suatu kebijakan dan keputusan yang tepat, sehingga suatu keadaan situasi yang mengalami gangguan dan ancaman baik dari luar maupun dalam dapat segera ditangani dan diselesaikan. (Ungkap PJS.Kasat Intel).

AKP Abdul Aziz, SIK yang juga turut hadir dalam pelaksanaan gelar TOT VCD mengatakan, agar personil yang mendapatkan ilmu pengetahuan fungsi Inteligent dapat menerapkan dalam keseharian tugas Polri, sehingga semakin anggota mempunyai kepekaan terhadap lingkungan, maka semakin banyak informasi yang berguna dapat meningkatkan kinerja Polri itu sendiri dalam menjaga keamanan, ketertiban dan stabilitas Nasional. TOT VCD ini sendiri akan terus dilaksanakan karena merupakan program yang sudah dibuat untuk meningkatkan kemampuan dan sumber daya manusia setiap personil.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Jumat, 13 April 2012

Kapolda Kibarkan Bendera Sepeda Gembira


POLRES BELITUNG TIMUR. Jumat, 13 April 2012, sekira pukul 06.00 Wib, Polres Beltim kembali melaksanakan rangkaian kegiatan acara GO TW I Polda Kep.Babel. Start yang dimulai di depan Mako Polres Beltim, Sepeda Gembira langsung dilepas oleh Kapolda Kep.Babel Drs. M. Rum Murkal diikuti selain peserta GO TW I, juga diikuti oleh pejabat Pemda Kab.Beltim dan masyarakat pencinta olah raga sepeda Kab.Belitung dan Kab.Beltim.

Rute yang ditempuh oleh para peserta Sepeda Gembira yang dimulai dari Mako Polres Beltim, melewati Jalan Raya Gantung depan Hotel Oasis, kemudian melewati Jalan Simpang Mudong dan Finish di Pantai Nyiur Melambai (Pantai Lalang) Manggar. Sekitar 120 orang peserta Sepeda Gembira dengan menikmati suasana udara yang masih segar membentuk barisan panjang menganyuh sepedanya yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kep.Babel. Tidak hanya orang dewasa yang  turut serta meramaikan Sepeda Gembira, terlihat juga beberapa anak-anak yang didampingi oleh orang tua mereka ikut meramaikan olah raga yang dikenal cukup akrab dan digemari oleh semua kalangan masyarakat.

Sesampai di garis Finish Pantai Nyiur Melambai pukul 08.30 Wib, para peserta di jamu dengan makanan ringan yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Suasana sejuk dengan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi menambah keakraban dan mampu melepas rasa lelah para peserta Sepeda Gembira yang terlihat sudah bermandikan keringat. Kapolda mengatakan hal seperti ini harus terus di kembangkan, selain olah raga ini cukup murah meriah dan mudah untuk diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, olah raga sepeda mampu mempererat tali persaudaraan dan mampu mempertemukan dari seluruh golongan masyarakat tanpa memandang apapun status sosial masing-masing orang.


Pada kesempatan acara Sepeda Gembira, di Pantai Nyiur Melambai juga dilaksanakan pemberian santunan kepada masyarakat yang kurang mampu sebagai bentuk tali kasih saling berbagi, pemberian bantuan sarana olah raga yang berupa bola volly dan pakaian olah raga kepada perwakilan pengurus karang taruna serta pelepasan 100 ekor penyu yang juga dipimpin langsung oleh Kapolda Kep.Babel dan didampingi oleh Pejabat Polda dan Polres Jajaran, Pejabat Pemda dan masyarakat. Semoga kegiatan yang sangat positif seperti ini akan terus dilaksanakan dikemudian hari. Cinta olah raga, berarti kita mencintai tubuh kita, cinta hewan berarti kita juga cinta terhadap kelangsungan pengembangan kelestarian lingkungan dan tidak akan merusak lingkungan sekitar kita baik darat maupun laut.  
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Polres Beltim Tuan Rumah GO TW I


POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 12 April 2012 yang lalu, Polda Kep.Babel dan Jajaran melaksanakan Gelar Operasional Triwulan I (GO TW I) sebagai laporan dan evaluasi masing-masing Satuan Fungsi Polri dan Polres Jajaran kepada pimpinan tertinggi Polri di tiap-tiap Polda yaitu kepada Kapolda. Gelar Operasional yang biasanya dilaksanakan di Mako Polda Kep.Babel, namun untuk kali ini dan perdana atas perintah Kapolda Kep.Babel GO TW I Tahun Anggaran 2012 Polda Kep.Babel dan Jajaran dilaksanakan di Polres Beltim salah satu Polres Jajaran Polda Kep.Babel.

GO TW I Polda Kep.Babel dan Jajaran yang dilaksanakan di A1 Kab.Beltim Kec.Manggar Bukit Samak, dihadiri oleh Kapolda Kep.Babel Brigjen Pol Drs. M. Rum Murkal, Karo Ops Kombes Pol Drs. Guntur Widodo, M.Si, Karo Rena Kombes Pol Drs. Wawan, Karo SDM Kombes Pol Drs. Dody Marsidy, M. Hum, Dir Intelkam Kombes Pol Drs. Agus Syariful. H. MH, Dir Reskrimsus Kombes Pol Drs. Suherman Febriyanto, Dir Lantas Kombes Pol Al Afriandi, SH, SIK, Dir Sabhara Kombes Pol Drs. Chairul Farizal, Dir Pol Air Kombes Pol Dede Ruhiat Djunaedi, SIK, MH, Kabid Propam AKBP Suharjo, Kabid Humas AKBP Indra, SIK, Kabid Keu AKBP Drs. Siswanto, Kapolres Pangkalpinang AKBP Rajendra Sumihar, Kapolres Bangka AKBP Pipit Rismanto, SIK, Kapolres Babar AKBP Solihin, SIK. MH, Kapolres Bateng AKBP M. Setyobudi, SIK, Kaporles Basel AKBP M. Yusuf, SH, SIK, Kapolres Belitung AKBP Dian Harianto, SH, Kapolres Beltim AKBP Edison, SH. GO TW I tingkat Polda dan Jajaran dilaksanakan dari pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 17.30 Wib dipimpin langsung oleh Kapolda Kep.Babel.

Pada saat pelaksanaan GO, seluruh peserta GO TW I yang hadir memaparkan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama Triwulan pertama dari Januari sampai dengan Maret 2012 kepada Kapolda Kep.Babel. Dalam arahan dan penekanannya Kapolda Kep.Babel mengatakan bahwa GO yang dilaksanakan saat ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kesatuan Polres Beltim, juga akan terus dilaksanakan di Polres Jajaran lain. Sebagai acuan pemikiran diambilnya keputusan bahwa GO dilaksanakan di Polres-Polres agar Pimpinan atau Pejabat di tingkat Polda juga mengetahui situasi Polres Jajaran dan sekilas mengetahui wilayah Polres tersebut. Inilah salah satu bentuk silahturahmi yang kita jalin di antara sesama Kesatuan. Kapolda menyarankan, ketika evaluasi yang dilaksanakan oleh Polres, coba dikaitkan atau di libatkan Instansi vertikal yaitu TNI, sehingga adanya saling tukar informasi dan masukan untuk meningkatkan sinergitas kerjasama antara TNI dan Polri termasuk pembacaan peta wilayah, mulai dari tingkat kerawanan, ambang gangguan dan wilayah yang sudah dikategorikan kondusif.

Di akhir penutup, Kapolda Kep.Babel mengatakan sudah saatnya kita betul-betul turun kelapangan untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang terbaik kepada masyarakat, walaupun kita belum bisa untuk sempurna namun kita akan melakukan yang terbaik dan sesempurna mungkin memberikan pelayanan dan bantuan kepada masyarakat. Sayangi dan lindungi masyarakat, jangan ada lagi Polri yang menorehkan luka di hati masyarakat, buktikan bahwa Polri mampu untuk merubah pola pikir dan kultur budaya yang selama ini tercoreng buruk di mata masyarakat. Saya tidak mau lagi mendengar ada masyarakat yang tidak kenal siapa Kapolres dan personilnya, tingkatkan peran Inteligent dan Babinkamtibmas yang menjadi gerbang pertama bentuk secara langsung pelayanan Polri kepada masyarakat (Ungkap Kapolda).
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim  

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Kamis, 12 April 2012

Polres Beltim Gelar Malam Ramah Tamah Peserta GO TW I


POLRES BELITUNG TIMUR. Cafe Vega, Manggar 12 April 2012, sekira pukul 19.30 Wib, setelah satu hari pelaksanaan GO TW I Tahun Anggaran 2012 dihari yang sama, Polres Beltim sebagai tuan rumah pelaksanaan GO TW I Polda Kep.Babel dan Jajaran, Polres Beltim menggelar “Malam Ramah Tamah Peserta GO TW I Polda Kep.Babel” sebagai bentuk wujud keakraban dan kekeluargaan antar sesama Polri. Malam Ramah Tamah yang dikemas dengan sederhana, santai dan penuh kehangatan rasa kekeluargaan disertai dengan makan malam bersama, dihadiri oleh seluruh peserta GO TW I dan juga turut mengundang elemen masyarakat seperti LSM, Tokoh Masyarakat dan Media Pers.

Pada saat menyampaikan kata sambutan, Kapolda Kep.Babel Drs. M. Rum Murkal mengatakan, bahwa acara yang digelar malam ini adalah penyetaraan dan bukti bahwa Polri ingin merasa dekat dan dirasakan dekat oleh masyarakat, Polri dan masyarakat adalah mitra sehingga keduanya tentu saling terikat dan membutuhkan, maka dari itu mari sekarang kita bersama-sama saling bahu membahu untuk membuktikan bahwa antara Polri dan Masyarakat khususnya di wilayah Provinsi Kep.Babel bisa solid, saling membantu dan bersinergis untuk menciptakan dan menjaga situasi yang kondusif dan bersama-sama menekan tingkat kejahatan dan menekan tingkat kerawanan suatu daerah dengan cara seperti pengamanan kampung (Poskamling dan FKPM).

Kapolda mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang selama ini sudah membantu Polri, bekerja sama dengan baik, memberikan kritikan, masukan dan saran yang membangun kepada Kesatuan Polri. Kami memang belum sempurna, namun kami akan terus berusaha memberikan dan melakukan pelayanan  dan perlindungan yang terbaik kepada masyarakat. (Ungkap Kapolda).

Acara Malam Ramah Tamah yang berlangsung sampai dengan pukul 20.30 Wib, diisi dengan hiburan lantunan lagu yang dibawakan oleh beberapa Pejabat peserta GO TW I, beberapa masyarakat yang hadir tidak terkecuali Kapolda Kep.Babel juga menyumbangkan suara emasnya dengan membawakan tembang lagu dari ello band “Pergi Tuk Kembali”.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Senin, 09 April 2012

Kapolres Sosialisasikan Taruna AKPOL Di Dua SMA Negeri


POLRES BELITUNG TIMUR. Kembali Polri memberikan kesempatan kepada seluruh warga Negara Indonesia untuk menjadi abdi Negara atau aparat Negara melalui seleksi calon Taruna AKPOL Tahun Angaran 2012 yang akan di buka secara serentak di seluruh Indonesia mulai Tanggal 23 April sampai dengan Tanggal 21 Mei 2012. Bagi warga Negara Indonesia yang mempunyai cita-cita ingin menjadi bagian dari Polri, pendaftaran Taruna AKPOL ini dibuka seluas-luasnya sesuai dengan persyaratan yang berlaku dan di tekankan “Tanpa Dipungut Biaya” bisa segera mendaftarkan diri melalui Staf Sumber Daya Manusia Polri di setiap Polda dan Polres Jajaran Mabes Polri.

Dengan Motto Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis pembukaan seleksi calon Taruna AKPOL diharapkan bagi warga Negara Indonesia yang berminat untuk bersaing secara adil, menunjukkan kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mampu dan benar-benar dikuasai, karena Polri kedepan akan semakin membutuhkan orang-orang yang handal dan mempunyai kemampuan serta skil yang tidak diragukan lagi yang nantinya akan sangat berguna dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, terutama dalam hal keamanan Negara.

Pembukaan seleksi calon Taruna AKPOL yang diselenggarakan diseluruh Indonesia, termasuk diwilayah jajaran Polda Kep.Babel Polres Belitung Timur. Kapolres Beltim AKBP Edison, SH langsung mengambil alih untuk mensosialisasikan kesempatan emas bagi warga Negara Indonesia yang tinggal diwilayah Kab.Beltim untuk menjadi anggota Polri. Kapolres Beltim mengatakan, bahwa seleksi calon Taruna AKPOL mempunyai persyaratan khusus yang tentunya tidak semua warga Negara bisa mengikuti, terutama syarat batas usia yang mana untuk batas usia minimal 17 (Tujuh Belas) Tahun dan maksimal 21 (Dua Puluh Satu) Tahun. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan, belum pernah menikah dan lain sebagainya. 

Kapolres Beltim yang didampingi langsung oleh Kabag Sumda AKP Abdul Aziz, SIK yang mana sebelumnya juga menjelaskan kepada siswa SMA Negeri 1 Manggar dan SMA Negeri 1 Gantung mengatakan bahwa kesempatan untuk menjadi Taruna AKPOL tentu lebih banyak bagi anak-anak SMA sederajat, karena masih sesuai syarat dalam kategori batas usia. Bagi yang masih bersekolah juga tetap bisa mengikuti seleksi, asal dengan syarat bisa menunjukkan nilai rata-rata Rapor kelas III semester I minimal 7 (Tujuh) untuk jurusan IPA dan 7, 25 (Tujuh Koma Dua Lima) untuk jurusan IPS yang disahkan oleh Kepala Sekolah dan selanjutnya harus bisa menunjukkan surat tanda kelulusan dengan kriteria “lulus.

Kapolres mengarahkan kepada siswa kelas tiga yang mengikuti sosialisasi untuk dari sekarang pacu semangat dan bersaing ketat dengan sehat, tunjukkan bahwa saya lah yang terbaik diantara yang baik, saya lah yang paling pintar diantara yang pintar, buktikan dengan mampu meraih nilai tertinggi di  Sekolah sehingga untuk mengikuti seleksi calon Taruna AKPOL bukan suatu impian saja. Pada saat memberikan penjelasan, Kabag Sumda mengatakan, untuk laki-laki syarat tinggi minimal 163 cm,  bagi yang perempuan kriteria tinggi minimal 160 cm, harus menjaga bentuk fisik, jangan sampai ada bagian tubuh yang patah atau pernah patah, kemudian jangan sampai ada yang menggunakan tato dan anting-anting di bagian tubuh manapun bagi yang laki-laki, belum pernah menikah dan mempunyai anak, sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan dan pembentukan.

Kabag Sumda menambahkan untuk persyaratan lebih rinci bisa dibaca dari brosur yang dibagikan atau untuk pendaftaran on line dan informasi lainnya bisa diakses melalui http://www.penerimaan.polri.go.id , jika ada yang masih kurang jelas bisa langsung menanyakan kepada staf bagian Sumber Daya Manusia Polres Beltim. Pembukaan Pendidikan akan dimulai Tanggal 1 Agustus 2012 di tempat Pendidikan AKPOL Semarang-Jateng dengan lama masa Pendidikan 4 (Empat) Tahun dan untuk pangkat pertama setelah keluar dari Lembaga Pendidikan AKPOL yaitu Inspektur Polisi Dua (IPDA).
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim   

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Jumat, 06 April 2012

1 Polisi 1 Desa, Kapolda Berikan Arahan Kepada Babinkamtibmas


POLRES BELITUNG TIMUR. Selasa,03 April 2012 bertempat di Bukit Samak A1 Desa Lalang Jaya Kec.Manggar Kab.Belitung Timur telah dilaksanakan arahan dan pembukaan pelatihan intelijen bagi para babinkamtibmas Polres Beltim oleh Kapolda Kep. Bangka Belitung BRIGJEN POL Drs. M RUM MURKAL. Kegiatan pelatihan Intelijen bagi personil Babinkamtibmas dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari, Kegiatan tersebut di hadiri juga oleh Wadir Binmas, Dir Intel, Kapolres Beltim, para perwira jajaran Polres Beltim serta personil Babinkamtibmas Polres Beltim. 

Adapun arahan dan penekanan dari Kapolda Kep.Babel kepada personil Babinkamtibmas antara lain :
1.   Dalam Penanganan Kamtibmas harus dilakukan secara bersinergi dengan instansi samping di antaranya: TNI dan perangkat desa setempat baik tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta LSM yang ada di Desa tersebut.
2.   Menguasai wilayah desanya terlebih dahulu, jangan samai personil babinkamtibmas tidak mengetahui / menguasai Desa nya tesebut.
3.   Peduli dengan lingkungan dan peka terhadap situasi di desanya.
4.   Terhadap pelaku kejahatan apapun yang ada di desanya harus tetap diberikan perlindungan karena Polri harus memberikan perlindungan kepada setiap warga negara.
5.   Melaksanakan arahan Kapolri yaitu 1 desa 1 polisi, serta para Babinkamtibmas diberikan pelajaran ilmu intelijen.
6.   Para Babinkamtibmas arus berperan aktif di desanya,apabila wilayah desanya rawan akan tindak pidana dijadikan Ring Serse.

Untuk penerapan program dari Kapolri yaitu 1 desa 1 polisi masih terdapat hambatan – hambatan di antaranya:
1.Peran babinkamtibmas dalam mempengaruhi dan mengkondisikan masyarakat melalui penyelesaian kasus-kasus ringan (adr/alternative dispute resolution) sebagai upaya bhabinkamtibmas untuk dapat dipercaya masyarakat namun masih terkendala dengan fungsi reserse dan lantas dilapangan.
2.Penambahan anggaran operasional babinkamtibmas untuk membentuk yang lebih luas.
3.Penegasan babinkamtibmas untuk tinggal didesa  binaannya sehingga memiliki ketajaman dalam mendeteksi setiap gelagat gangguan kamtibmas.
4.Adanya tugas rangkap dari babinkamtibmas melaksanakan tugas lainnya sehingga terjadi kerancuan dalm melaksanakan tugas.

Permasalahan tersebut akan menjadi atensi pembina fungsi di polres untuk dibuat kebijakan lain dalam pelaksanaannya.namun hal tersebut janganlah dijadikan  melemahnya kinerja para babinkamtibmas.

Dalam Pelatihan intelijen tersebut, para Babinkamtibmas diharapkan dapat melaksanakan fungsi Intelijen secara terbuka untuk mendapatkan informasi yang faktual dilapangan termasuk sumber daya alam dan potensi – potensi yang ada di wilayah desanya seperti Intel Dasar. Adapun tugas pokok dari Babinkamtibmas yaitu Bintibmas,Binkamsa,Bin Polmas dan Bin koorpolsus.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mewujudkan babinkamtibmas yang memiliki kepekaan sehingga mampu menjadi mata dan telinga pimpinan.merubah mind set dan cara berfikir dalam menyikapi kondisi dan tuntutan masyarakat saat ini.jadilah polisi yang terhormat,dicintai masyarakat dan diharapkan setiap saat.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  

Kamis, 05 April 2012

Ketua Bhayangkari Daerah Polda Kep.Babel Kunjungi Cabang Beltim


POLRES BELITUNG TIMUR. Manggar, 03 April 2012, sekira pukul 09.00 Wib, rombongan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Polda Kep.Babel Ny. M. Rum Murkal tiba di Kantor Bhayangkari Cabang Beltim, dengan dikawal ketat mobil Patwal Satuan Lalu Lintas Polres Beltim, rombongan disambut langsung oleh Ketua Bhayangkari Cabang Beltim Ny. Edison, SH beserta anggota Bhayangkari Cabang Beltim lainnya.

Kunjungan Ketua Bhayangkari Daerah Polda Kep.Babel kali ini dalam rangka kunjungan kerja Bhayangkari untuk melakukan evaluasi, pengecekan dan sampai dimana kemajuan yang sudah dilakukan Bhayangkari Cabang Beltim dalam pelaksanaan kegiatan dan pelaksanaan kegiatan pendidikan TK Kemala Bhayangkari. Dengan didampingi dari Ibu Bhayangkari pengurus Daerah Kep.Babel, Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kep.Babel langsung menuju ke TK Kemala Bhayangkari Cabang Beltim untuk bertatap muka langsung dengan anak-anak TK Kemala Bhayangkari.

Wajah ceria dan gembira tampak dari anak-anak TK Kemala Bhayangkari ketika Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kep.Babel menyapa mereka dan memberikan wejangan kepada anak-anak. Ibu Ketua juga merasa terkesima ketika melihat anak-anak memainkan alat musik tradisional dan memperagakan gerak tari di Kantor Bhayangkari Cabang Beltim. Nuansa lucu dan menarik, tanpa beban dan terlihat penuh dengan kebahagiaan, dengan bangga dan senang anak-anak TK Kemala Bhayangkari unjuk kebolehan langsung di depan Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kep.Babel.

Setelah serangkaian kegiatan dilaksanakan di TK Kemala Bhayangkari dan Kantor Bhayangkari Cabang Beltim, Ibu Ketua beserta rombongan langsung menuju ke Panti Asuhan yang terletak di Kec.Gantung untuk bertemu dan menjalin silahturahmi dengan anak-anak yatim piatu, Ibu Ketua beserta rombongan juga menyempatkan untuk melihat situasi ruangan Panti Asuhan tersebut dan memberikan sedikit bantuan wujud rasa kebersamaan dan perhatian kepada anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan. Setelah semua kegiatan telah terlaksana, sekira pukul 12.30 Wib Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kep.Babel beserta rombongan langsung menuju ke Tanjung Pandan untuk bertolak kembali ke Pangkalpinang.
Penulis : Devi Pra Putra, SH / Publisher Humas Res Beltim   

Foto Humas Res Beltim Doc.
Read more»»  
SAIL WAKATOBI BELITONG 2011, KABUPATEN BELITUNG TIMUR PROVINSI KEPULAUAN BANGKA-BELITUNG